11 Agu 2013

SKEMA TESTER FLYBACK :

Bagi rekan-rekan teknisi TV/ Monitor, tentu sering mengalami/menemui Flayback yang rusak,
Namun kadang masih ragu untuk memastikan apakah flyback tersebut memang benar-benar rusak.
Seperti yang sering saya alami dalam melakukan perbaikan TV atau monitor.

Dari hasil pencarian berbagai sumber yang saya akhirnya timbul ide untuk membuat sendiri rangkaian Flyback Tester ini. Selain untuk ngetest Flyback rangkaian ini ternyata juga bisa digunakan untuk sebagai "CRT Restorer".

Skema Rangkaian Terlampir.

Dasar dari rangkaian ini adalah rangkaian osilator seperti yang biasa digunakan pada rangkaian inverter/noen dc.outputnya L3 (lilitan sekunder) diumpankan lagi ke basis transistor D313.TR1 transistor bekas horizontal driver.

untuk liltan L1-L3 tidak perlu susah-susah membuat lilitan baru.Hal ini bisa dilakukan dengan mengambil dari bekas trafo Horizontal TV/Monitor dengan sedikit modifikasi.
berkut cara Modifikasi Trafo bekas horizontal driver untuk digunakan pada rangkaian flyback tester ini.
1. siapkan trafo bekas horizontal driver
2. buka isolator pembungkusnya,kemudian lepaskan/bongkar inti ferrite-nya.hati- usahakan jangan sampai pecah/rusak karena nantinya inti ferrite akan digunakan lagi.
3.lepaskan lilitan paling luar/lilitan sekundernya,hitung dan catat jumlah lilitannya.Untuk lilitan Primer tidak perlu dibongkar.
4.ambil kawat email dengan diameter kawat sama dengan diameter lilitan primer
5.lilitkan dengan rapi dengan posisi diatas lilitan primer(biasanya antara 15-20 lilit),lilitan ini digunakan sebagai feedback-nya (L2) agar rangkaian bisa berosilasi,jangan lupa perhatikan arah lilitannya.karena jika terbalik rangkaian tidak akan berosilasi, namun jangan panik. tinggal tukar saja kaki-kaki lilitan feedbacknya(L2).
6. setelah lilitan fedback selesai lanjutkan dengan melilitkan ulang kawat lilitan sekunder yang tadi dilepas, modifikasi selesai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar